Setahun Lalu…. Part 1

A year ago step to my destiny path was written. here is the story….

Pagi Hari ini gw ada di Rumah Sakit Bintaro bersama Yuwita, rekan kerja gw, dia satu team dengan gw dibawah project manajer yang bernama Abdi, nah rumah sakit ini salah satu klien dataon, dan gw bersama yuwita punya misi hari ini untuk membenarkan beberapa bugs yang masih tertinggal dan juga upload beberapa modul yang sudah menjadi IoW (Inventory of Work) gw.

Saat naek taksi kesana (karena mobil kantor abis nyebar ke klien2 laen) pikiran gw bergelayut ke beberapa klien yang gw pegang, diantaranya ada masalah report gaji di mandom, trus beberapa IoW nya Sompo yang beberapa belum selesai, trus lagi gw memikirkan lulus ga ya gw di DPD, karena pada saat itu gw tinggal menunggu hasil final setelah melewati 2 tahapan tes. DPD he he he tadi nya gw sama sekali ga tergerak untuk jadi PNS,  karena gw lebih mencintai kerjaan gw sekarang (weks), tapi ya itu kadang2  gw merasa di tempat gw kerja sekarang presure yang begitu tinggi membuat gw lupa akan keadaan rumah dan cewe gw, karena sebagian hidup gw harus tercurah ke kerjaan. 24 Jam yang dikasih bumi untuk berotasi harus di habis kan 80 persen nya di kantor ataupun klien, sisanya gw tersungkur di ranjang untuk menanti pagi dan siap siap berangkat kerja lagi.

Sampailah kami di rs bintaro, kami langsung bersiap di ruang kecil yang disiapkan oleh pihak hrd rs, untuk mengeluarkan laptop dan menset untuk join ke jaringan, maka setelah ter-set gw sama yuwita langsung melakukan list to do yang sudah kami siapkan sejak di kantor.

Sekitar jam 4 sore(dah mau pulang berarti dari klien) Saat itu seingat gw ada penyebar eror kenapa attandance aga ga sinkron dengan shift schedule , saat gw menemukannya ternyata ada satu employee yang mal section di shift schedule nya dan ga mungkin melakukan update dari web interface nya, maka oleh karena itu, gw langsung menuju ke SQL manager untuk melakukan update data dari sana.

SQL Manager hmmm jarang juga gw pegang ini, karena selama gw kerja di DataOn gw paling sering pakai oracle dan TOAD nya yang begitu reliable, maka gw langsung ke sql editor dan langsung mengetikkan perintah sql untuk melakukan update kepada employee itu di table shiftschedule. And you know what, karena gw merasa mau pulang dan beberapa hal yang bergelayut di pikiran gw, maka sebelum gw mengetikkan ‘where’ gw ga sengaja menekan tombol F5 di keyboard dan sudah pasti SQL manager langsung melakukan execute perintah yang gw ketikkan.

Seluruh isi field dari shift pada tabel karyawan langsung terupdate menjadi nilai yang gw masukan, dan yaiks ini sql manager bukan TOAD yang bisa rollback sebelum commit, damn… hati gw langsung nyiuttt kaya jatuh dari jurang gitu. Tau kan kalau di sintaks sql untuk melakukan manipulasi kata where sangat lah penting untuk memfilter yang mana harus di manipulasi, oleh karenanya kalau di TOAD oracle, saat lo mengeksekusi perintah sql , sebelum commit maka lo bisa melakukan rollback, artinya membalikkan ke kondisi semula. Tapi di SQL manager, tidak lah mungkin.

Yuwita sama panik nya dengan gw, karena tabel attendance semua yang sudah di set susah payah t erupdate satu field, dan jumlah karyawannya rs bintaro itu kan ga sedikit ya, ribuan yang tercatat. Ohh succckkkkssss kenapa gw bisa ceroboh banget, dan gw langsung tanya ke yuwita, apakah dia punya back up data yang terbaru? Yuwita yang person in charge karena dia memang konsen di rs bintaro, ga kaya gw yang megang beberapa project juga mengatakan kalau back up terbaru itu sekitar seminggu yang lalu.

Duaarrrr kepala gw serasa mau meledak demi mendengar pernyataan itu, maka oke gw langsung melakukan langkah2 seperti melakukan import ulang pada satu table itu dengan hasil back up yang lalu, mungkin saja tidakbanyak perubahan yang terjadi di table attendance, tapi setelah melakukan import dari backup tersebut  baru lah nyawa gw seaakan lepas ternyata backupan minggu lalu sudah berbeda jauh kondisinya dengan keadaan database sekarang terutama di table attendance.

Teriakan teriakan bahwa attendance nya rs bintaro itu sudah seharusnya live jadi berantakan satu field karena kecerobohan gw. Ok satu field itu lah yang harus di cari jalan keluar nya dan gw harus dengan mengerahkan segala pengetahuan gw baik dari koding maupun manipulasi database gw kerahkan harus bisa mengembalikan ke kondisi normal satu field itu.

Pukul 7 malam gw masih berkutat dengan koding untuk melakukan import data dengan mengambil dan menganalisa table table lain yangberkaitan dengan table attendance. Satu skrip gw bikin dan gw langsung melakukan import ulang table itu, dan setelah terimport gw melakukan reposisi lagi dan damn ternyata masih ga cocok, maka gw gubah lagi skrip nya untuk melakukan import proses yang kedua, yuwita sudah sama paniknya tapi, dia tetap menyemangati gw dengan memberi masukan2 juga atas koding yang gw buat untuk melakukan proses import

Sudah menuju jam 10 malam, gw dan yuwita dah sama sama keletihan, sudah melakukan import proses berulang2 tapi juga belum sama dengan apa yang di harapkan. Hati gw bener2 bergojok karena gw bisa di omelin sama kantor juga sama pihak rs bintaro artinya my job is in danger, menginjak jam 11:30 (kebayangkan semalam itu gw masih ngendon di rumah sakit, bukan karena gw sakit tapi karena ada satu table yang sakit) gw berhasil melakukan import data yang kesekian kali nya dengan gubahan skrip yang kesekian kali nya dan syukur sudah mendekati kecocokan, namun masih ada beberapa karyawan yang shift nya masih salah, tapi paling tidak kali ini ga terlalu berantakan dan ya sudahlah sudah jam 12 malam lewat 10, gw dan yuwita dah sama sama keletihan, maka kita sepakat untuk pulang saja,  dan yuwita bisa datang esoknya, karena esoknya schedule gw adalah ke mandom untuk proses gaji. Tapi disisi lain gw ga bisa ninggalin kesalahan yang gw bikin di rs bintaro, kasian yuwita harus sendiri…. (lanjut ke part 2…)

Leave a comment